Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kabupaten pringsewu mengikuti sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang dihampu oleh Diskominfo Kabupaten Pringsewu,pada hari jumat, 27 September 2019 bertempat di Hotel Regency Kabupaten Pringsewu.

Diskominfo menghadirkan 2 orang praktisi dari Tribun Lampung, Yoso Mulyawan dan Tribun online, Ridwan Hardiansyah. Keduanya berbagi ilmu jurnalistik, cara mengemas berita yang menarik dan mencari sudut pandang berita yang lebih fleksibel, tidak kaku, dan dapat membuat pembaca lebih mendalami maksud dari berita yang dipublish.

Sosialisasi ini memiliki peran penting dalam menambah khasanah keilmuan para admin SKPD dan Kecamatan seKabupaten Pringsewu dalam jurnalistik, membangun citra positif kabupaten serta menolak hoax.

Setiap pemerintah daerah wajib memberikan berita-berita mengenai kegiatan yang berlangsung di daerah, sesuai dengan telah disahkannya UU No.14 tentang
Keterbukaan Informasi Publik (KIP) oleh Pemerintah membawa konsekuensi terhadap ketentuan-ketentuan hukum yang melindungi hak atas informasi bagi warga negara Indonesia. Badan publik—dalam hal ini adalah lembaga-lembaga negara, lembaga publik non pemerintah, dan perusahaan-perusahaan publik yang mendapat dana alokasi dari APBN, APBD, bantuan luar negeri, dan himpunan masyarakat—mempunyai kewajiban untuk memberikan akses informasi yang terbuka dan efisien kepada publik dalam rangka transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan pemerintahan yang semakin baik di Indonesia.

Undang-undang ini mendefinisikan informasi publik sebagai informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *